Gubug Informasi

follow us

Fungsi dan Struktur Mitokondria

Fungsi dan Struktur Mitokondria - Mungkin kalian pernah melihat sosis, makanan yang bahan bakunya dari daging berbentuk bulat lonjong. Bentuk mitokondria hampir menyerupai sosis. Di dalam sel, mitokondria berperan dalam proses respirasi aerob yang menggunakan oksigen. Karenanya, mitokondria mempunyai jumlah kian lebih satu didalam sel. Variasi jumlahnya tergantung pada tingkat metabolismenya. Andaikata keperluan daya sel besar, jumlah mitokondria didalam sel benar-benar banyak. Sebaliknya, jika keperluan daya sel kecil, jumlah mitokondria sedikit. Secara struktural, sebuah mitokondria dibungkus oleh selapis membran rangkap. 

Membran rangkap ini terdiri atas membran luar yang halus dan membran dalam yang berlekuk-lekuk. Membran dalam mitokondria dinamakan krista. Krista memiliki lekukan yang banyak jumlahnya. Fungsi krista adalah memperluas permukaan saat berlangsung respirasi. Dengan begitu, hasil respirasi seluler yang diperoleh dapat meningkat.

struktur-mitokondria
Gambar 1
Membran dalam mitokondria terbagi menjadi dua ruangan, yaitu ruang intermembran dan ruang matriks mitokondria. Ruang intermembran adalah ruang sempit yang berada di antara membran dalam dan membran luar. Sedang area matriks mitokondria diselubungi oleh membran dalam. Lebih jelasnya anda bisa menyimak gambar 2 dibawah ini.

fungsi-sel-mitokondria
Gambar 2
Pada matriks mitokondria ini terdapat enzim pernapasan yang disebut sitokrom, sehingga oksidasi asam lemak dapat berlangsung. Enzim sitokrom ini berfungsi sebagai pengontrol siklus asam sitrat yang mengandung protein.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar