Tips Menjaga Kesehatan Dengan Memperhatikan Kebersihan Sikat Gigi

Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan karena kesehatan merupakan asset yang sangat berharga dan tidak ternilai, dengan kesehatan terjaga tentu saja nantinya di dalam menjalankan semua aktivitas akan lebih maksimal. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh sendiri adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan juga lingkungan karena kuman dan bakteri sendiri berasal dari kotoran. Salah satu media yang sering kali menjadi sarah kuman dan bakteri adalah sikat gigi. Sikat gigi tentu saja digunakan sehari – hari untuk membersihkan gigi dari kootoran sisa makanan dan jika menggunakan sikat gigi yang kotor tentu saja nantinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan juga mulut. Untuk menjaga kebersihan mulut dan juga gigi sendiri tentu saja perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya dalah dengan rajin mengganti sikat gigi jika sudah tidak layak dipakai. Untuk mengganti sikat gigi sendiri juga bisa dibilang tidak bisa sembarangan karena tentu saja jika setiap hari ganti sikat gigi pengeluaran akan boros sedangkan jika dalam mengganti sikat gigi terlalu lama maka nantinya sikat gigi akan semakin kotor. Oleh karena itu kita akan membahas mengenai salah satu tips menjaga kesehatan dengan mengganti sikat gigi yang tepat agar kesehatan mulut dan gigi terjaga dengan baik.


Cara menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan kebersihan sikat gigi merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk dilakukan, namun kembali lagi kita tidak bisa asal dalam mengganti sikat gigi. Dan berikut ini adalah saat yang tepat dalam mengganti sikat gigi sebagai salah satu tips menjaga kesehatan mulut dan juga gigi dengan efektif:

1. Yang pertama adalah saat bulu sikat yang Anda miliki sudah renggang, sikat gigi sendiri jika sudah digunakan terlalu lama tentu saja kekakuan dan juga warna akan berkurang atau hilang dan buu sikatnya akan menjadi renggang. Dan hal tersebut sudah menjadi indikasi bahwa sikat gigi perlu diganti. Karena jika sering ditumpuk dengan menggunakan pasta gigi, sikat gigi tersebut akan dapat menjadi sarang bakteri.

2. Kemudian yang kedua adalah saat sikat gigi sudah terjatuh dimanapun itu. Selain itu meskipun sikat gigi jatuh hanya 2 detik, tetap saja ganti sikat gigi tersebut karena dalam waktu 2 detik, bakteri tetap dapat menempel pada sikat gigi.

3. Lalu yang ketiga saat sikat gigi Anda menempel dengan sikat gigi orang lain, hal ini karena bakteri nantinya dapat saling bertukar tempat dan menimbulkan resiko penyakit dari orang lain menular kepada Anda.

4. Selain itu saat sikat gigi lebih dari 3 bulan semenjak digunakan pertama kali, beberapa pakar kesehatan dan juga dokter gigi sering kali memberikan saran bahwa lebih baik mengganti sikat gigi paling tidak 3 bulan sekali.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan sikat gigi, dengan demikian kesehatan mulut tentu saja akan terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan resiko terkena penyakit mulut. Selain itu Anda juga bisa memperhatikan beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang lain yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat seperti memperhatikan pola makan, menghindari makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan, rutin melakukan olahraga, menghindari rokok dan juga menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam rumah maupun luar rumah. Jadi pada dasarnya jika Anda rutin dalam melakukan beberapa hal tersebut tentu saja kesehatan akan dapat terjaga dengan baik.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top