Fungsi Dari Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan salah satu jalan yang ditempuh untuk bisa membentuk suatu karakter / watak dari seseorang agar bisa menjadi lebih baik lagi. Suatu watak dari seseorang memang anntinya lambat laun akan berubah karena sebagai orang yang memang makhluk sosial di mana hidup berdampingan dengan masyarakat luas, nantinya akan bergaul dengan orang lain sehingga juga akan mengikuti lingkungan tersebut. Jika memang lingkungan yang setiap hari ditinggali tersebut positif maka tidak akan menjadi suatu masalah, namun jika masyarakat yang ada pada lingkungan tersebut negative, maka tentu saja harus diperhatikan dan dicegah agar nantinya tidak menimbulkan karakter yang negative. Pada dasarnya tidak hanya pendidikan karakter anak saja yang membutuhkan pendidikan untuk membentuk suatu karakter, namun orang dewasapun juga sangat perlu. Karena dengan belajar bagaimana membangun suatu karakter yang baik dan juga positif tentu saja nantinya akan berdampak positif juga untuk diri sendiri. Untuk belajar membentuk karakter yang positif sendiri pada dasarnya cukup sederhana yaitu dengan meyakinkan pada diri sendiri dan juga keluarga bahwa dengan memiliki karakter yang baik nantinya akan mendapatkan dampak yang positif pula.

fungsi-dari-pendidikan-karakter

Pembentukan karakter sendiri nantinya bisa membuat dampak yang positif sehingga kehidupanpun menjadi lebih bermakna. Kemudian mempelajari mengenai karakter sendiri juga memiliki fungsi tersendiri, adapun beberapa fungsi dari pendidikan karakter sendiri adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama adalah membentuk dan juga mengembangkan potensi dari dalam diri seseorang agar nantinya bisa berpikiran baik dan juga dapat berperilaku yang baik kepada siapapun. Dengan hal tersebut tentu saja nantinya seseorang akan bisa lebih dihormati karena mau menghormati orang lain.
  • Yang kedua adalah untuk memperbaiki dan juga memperkuat karakter yang positif yang memang sudah terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya pendidikan pembentukan karakter tersebut tentu saja nantinya setiap orang / masyarakat akan lebih maju dan juga mandiri.
  • Kemudian pendidikan untuk karakter sendiri berfungsi untuk memilah – milah nilai budaya dan juga menyaring. Sehingga nantinya bisa dipisahkan mana yang baik dan juga mana yang buruk, dengan demikian tentu saja karakter yang tertanam dalam diri dapat bermanfaat.

Jadi pengertian pendidikan karakter sendiri memang sangat penting untuk diikuti, karena dengan mengikuti pendidikan tersebut nantinya karakter yang tertanama pada diri akan lebih baik. Untuk bisa belajar bagaimana membangun suatu karakter yang baik sendiri bisa dilakukan sendiri yaitu dengan selalu berpikir positif dan juga menjauhkan semua hal yang negative. Namun sekarang ini juga sudah ada banyak sekali sekolah - sekolah / lembaga yang memang mengajarkan bagaimana cara membangun serta mengembangkan karakter yang ada di dalam diri seseorang secara lebih baik sehingga nantinya akan mendapatkan dampak yang baik pula.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top