Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Sekarang ini zaman dan juga teknologi sudah semakin mau dan berkembang, terlebih lagi dengan adanya teknologi canggih yang memang ikut berperan penting di dalam kehidupan sehari – hari. Banyak sekali jenis gadget seperti laptop, smartphone, tablet dan yang lainnya, terutama internet. Internet memang menjadi sangat populer serta digunakan dalam keseharian, baik untuk siswa, perusahaan sampai dengan masyarakat biasa dengan berbagai keperluan tentunya. Selain internet teknologi yang ada seperti televisi juga nantinya akan bisa membuat perubahan karakter yang ada pada diri seseorang, khususnya untuk anak – anak. Anak – anak sendiri akan lebih mudah untuk berubah karakternya seiring dengan berjalannya waktu baik itu dari lingkungan maupun keseharian dari anak itu sendiri. Oleh karena itulah terkadang banyak anak yang menjadi korban kerasnya dunia sekarang ini, mulai dari pencurian, penjambretan sampai dengan pemerkosaan yang terjadi. Hal tersebut tentu saja merupakan salah satu dampak dari kemajuan teknologi serta pengaruh lingkungan. Oleh karena itulah menanamkan pendidikan karakter sedini mungkin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar nantinya anak bisa tehindar dari berbagai macam tindak kejahatan seperti itu.

menerapkan-pendidikan-karakter-sejak-dini

Pendidikan karakter sendiri merupakan salah satu solusi yang sangat efektif untuk mencegah karakter yang negative melekat pada anak – anak sampai dengan dewasa nantinya. Karena anak – anak merupakan masa di mana lebih mudah di dalam menanamkan karakter yang positif, maka ada baiknya memang jika pendidikan untuk karakter itu sendiri diberikan sejak dini. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari pendidikan untuk karakter itu sendiri, adapun beberapa di antaranya adalah nantinya dari kecil hingga dewasa seseorang dapat mengetahui dan menjalankan norma – norma yang ada di negaranya, kemudian juga dapat melakukan beberapa kegiatan yang memang baik dan juga positif, lalu dapat membantu orang lain, mengerti sopan santun, mau untuk bergotong royong, saling menghormati dan masih banyak lagi yang lainnya. Pendidikan itu sendiri juga sudah ada sejak Indonesia merdeka, oleh sebab itulah pendidikan untuk karakter mulai dibangun sampai dengan sekarang.

Dengan bertumbuhnya usia, Peran Penting Pendidikan Karakter Bagi Remaja juga harus diterapkan.

Untuk bisa menjadi seseorang yang lebih baik sendiri memang membutuhkan pengertian dan juga pemahaman lebih lanjut dan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun jika pendidikan karakter itu sendiri sudah dikenalkan dan diterapkan sejak kecil oleh orang tua, tentu saja nantinya karakter yang positif tersebut akan dapat muncul dengan sendirinya. Hal tersebut karena pembentukan karakter itu sendiri karena faktor kebiasaan. Jika pendidikan untuk pembentukan karakter tersebut tidak dilakukan sejak dini, maka dikhawatirkan nantinya pada saat sudah besar orang tersebut akan menjadi kurang baik dan memiliki karakter yang negative. Jadi itulah pentingnya menanamkan karakter sejak dini.
advertisement

Bagikan ke

1 Responses to "Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Sejak Dini"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Sejak Dini".
    Menurut saya pendidikan yang berperan penting dalam pembetukan karakter individu manusia. Saya juga mempunyai video mengenai Pendidikan yang bisa anda kunjungi di http://video.gunadarma.ac.id/play.php?vid=484

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top