Komponen Kecerdasan Siswa Menurut Howard Gardner

Seorang psikolog ternama, Howard Gardner (2011), menemukan teori tentang multiple intelligence (kecerdasan ganda). Teori ini mengurai kecerdasan manusia ke dalam tujuh bagian yang belum banyak dikembangkan orang, termasuk guru.

kecerdasan yang dimiliki siswa selama ini sering diukur hanya dengan tes IQ (Intellidence Quotient) saja. Padahal menurut May Lwin dkk (2000), IQ hanya mengukur dua komponen kecerdasan, yaitu kemampuan linguistik verbal dan logika matematis.

Menurut Howard Gardner ada tujuh komponen kecerdasan yaitu :

  1. Kecerdasan Linguistik verbal , adalah kemampuan menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakan kemampuan itu secara kompten melalui kata-kata dalam berbicara, membaca dan menulis
  2. Kecerdasan logika matematis, adalah kemampuan menangani bilangan beserta perhitungan, pola dan logika, serta pemikiran saintis. Kedua komponen kecerdasan itu akan mudah diukur melalui tes IQ.
  3. Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan melihat dengan tepat gambara visual alam sekitar dan memerhatikan rincian kecilnya. Komponen kecerdasan ini penting bagi arsitek, insinyur mesin, seniman.fotografer,pilot,navigator, dan pemahat.
  4. Kecerdasan irama-musik adalah kemampuan menyimpan nada ke benak seseorang, mengingat irama itu, dan engaruh musik terhadap emosi atau perasaannya.
  5. Kecerdasan kinestetik (kecerdasa fisik) adalah kemampuan membangun hubungan yang penting antara pikiran dan tubuh sehingga tubuh mampu mengatur objek dan menciptkan gerakan.
  6. Kecerdasan antarpersonal adalah kemampuan berhubungan dengan orang-orang disekitar. Kecerdasan ini adalah kemampuan memahami dan memperkirakan perasaan, tempramen, suasan hati, maksud, dan keinginan orang,serta menanggapinya dengan layak.
  7. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya itu.

Dengan memperhatikan kecerdasan yang dimiliki siswa, maka guru bisa melihat siswa sesuai dengan posisi masing-masing sehingga bisa memberikan porsi belajar yang berbeda.

Komponen Kecerdasan Siswa Menurut Howard Gardner , dimana selama ini ketujuh potensi tersebut telah dikubur hanya karena kesibukan guru, baik itu menyangkut urusan rumah tangga ataupun kesibukan rutin disekolah.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top