5 Komponen Basic Optimasi SEO Onpage

SEO seperti yang kita ketahui memainkan fungsi penting dalam hasil SERP (Search Engine Result Page)/hasil pencarian mesin pencari. Suatu hal yang umumnya ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian umumnya didominasi oleh website/blog yang memiliki susunan SEO yang baik. Entah itu aplikasinya pada keyword yang dipakai, Optimasi tag judul, atribut gambar ataupun yang lain. jadi intinya, makin maksimal SEO yang anda aplikasikan, makin besar juga kemungkinan untuk nampak di halaman pertama hasil pencarian, dan itu adalah sumber trafik untuk website/blog anda. Beruntung Bukan? 
optimasi-seo-onpage
Pada intinya, terdapat banyak komponen basic SEO yang yang perlu anda ketahui dan aplikasikan jika memang mau memaksimalkan SEO pada blog anda untuk menjaring trafik yang melimpah. Apapun itu? Berikut di bawah ini yaitu komponen basic SEO Onpage yang perlu anda ketahui :

1. Atribut gambar (Alt-tag)
Alt-tag yaitu suatu langkah yang dipakai untuk menjelaskan/memberitahukan gambar pada robot mesin pencari karena umumnya mereka tidak dapat melihat gambar itu. Langkah tersebut bukan sekedar suatu peluang untuk memperkaya content (dengan kata kunci (keyword)) pada blog anda, namun juga menolong gambar anda supaya dapat di cari di Google. Untuk hasil yang paling baik, seluruhnya gambar yang anda pakai mesti mempunyai nama file yang tidak sama. 
membuat-alt-tag-pada-gambar
Alt-tag pada intinya dirancang untuk dipertunjukkan sebagai teks alternatif untuk suatu gambar, dalam masalah jika gambar tersebut tidak dapat ditampilkan dalam browser. Dan juga, Alt-tag umumnya muncul jika anda menyorotkan pointer mouse pada gambar.

2. Tag Judul
Dalam suatu situs HTML, Tag judul yaitu tag dan teks yang memberi tahu web browser bagaimana browser bakal mengatasi halaman dan bagaimana bakal di sajikan pada pemakai computer. Tag judul umumnya didefinisikan sebagai title/title, Seperti yang diperlukan dalam tiap-tiap dokumen HTML dan dokumen XHTML. 

Tag judul yaitu satu diantara aspek paling penting yang membantu mesin pencari untuk memastikan relevansi dari halaman pada keinginan pencarian. Search engine memberikan perhatian khusus pada frase atau kalimat yang ditulis dalam tag judul. Untuk umumnya mesin pencari, panjang maksimum tag judul yang bakal dipertunjukkan yaitu pada 60-70 karakter. Jika tag judul Anda kian lebih 70 karakter, judul Anda bakal terputus sekitar 70 karakter pada halaman hasil pencarian. Spider atau crawler memeriksa judul dan lalu menerjemahkan tema halaman.

Inilah satu diantara argumen mengapa selalu untuk menggunakan keyword yang paling baik dalam tiap-tiap judul halaman, dan meletakkan mereka seawal mungkin pada judul. Ingat, teks yang dimasukkan dalam tag judul juga yaitu teks yang akan muncul dalam SERPs (halaman hasil mesin pencari) sebagai judul terkait dimana pemakai akan mengklik untuk terhubung halaman Anda. Bahkan, hanya dengan mengoptimasi dan melakukan perbaikan tag judul dari halaman Anda kerapkali dapat membuahkan perbaikan yang cepat dan hasil yang penting dalam peringkat Anda di search engine.

3. Meta Deskripsi
Meta Deskripsi yaitu potongan kata yang dipakai untuk meringkas isi dari satu halaman suatu situs atau blog. Mesin pencari umumnyamenghadirkan meta deskripsi pada hasil pencarian agar pengunjung tahu seperti apa maupun tentang apa isi dari halaman tersebut sebelum saat user mengklik dan membacanya. Untuk hasil yang paling baik pakai meta deskripsi tidak lebih dari 160 karakter karena umumnya mesin pencari hanya menghadirkan 160 karakter saja, jika lebih maka akan otomatis terpotong oleh mesin pencari dalam hasil pencariannya.

Apakah Meta Deskripsi itu penting dalam SEO?
Banyak ulasan dan artikel yang membahas masalah ini, dan sampai saat ini pun masih menjadi pertanyaan. Namun, ulasan yang disampaikan oleh SEOmoz dan Search Engine land mungkin bisa menjadi jawaban atas pertanyaan diatas.

Search Engine Land menyatakan bahwa meta deskripsi tidak akan membantu anda dalam peringkat, akan tetapi hal ini akan selalu muncul potongan atau ringkasan teks dibawah daftar anda jadi dsarankan untuk selalu memasukkan kata kunci yang relevan dan ditulis sehingga mendorong user untuk mengklik pada daftar anda.

SEOmoz menyatakan bahwa meta deskripsi untuk sementara ini tidak penting untuk peringkat mesin pencari, akan tetapi ini sangatlah penting untuk memperoleh pengunjung dari halaman hasil pencarian (SERP). Paragraf dan ringkasan pendek ini adalah kesempatan dari webmaster untuk mengiklankan konten untuk pencari dan membiarkan mereka tahu persis seperti apa halaman yang diberikan apakah memiliki relevansi dengan apa yang mereka cari.

4. Sitemap.xml
Sitemap type ini yaitu sitemap sebagai rujukan untuk search engine dalam melakukan crawling suatu situs atau blog, dan sudah pasti sesudah anda mensubmitnya ke webmaster tool. Jika anda belum membuatnya anda dapat menggunakan free on-line sitemap generator yang banyak beredar seperti http://www.xml-sitemaps.com. Jika itu telah dikerjakan maka sistem indeks akan jadi lebih cepat dan tak ada URL/halaman pada blog anda yang terlewati oleh robot mesin pencari.
submit-sitemap.xml-di-webmaster
5. Robot.txt
Selain sitemap, Robot.txt memiliki peranan penting dalam SEO. File Robot.txt digunakan untuk robot mesin pencari tentang akses ke situs anda. Sebelum mengakses dan meng-crawl halaman blog atau situs anda laba- laba mesin pencari biasanya akan memeriksa file robot.txt untuk melihat apakah robot.txt tersebut membatasi mereka untuk mengakses halaman tertentu. Untuk settingan Robot.txt biarkan default saja.


Itulah 5 Komponen basic SEO Onpage yang butuh anda ketahui. Untuk hasil yang paling baik, sebaiknya anda mencermati ke lima hal tesebut lalu menerapkannya pada blog anda. Semoga berguna...
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top