Tips Mendapatkan Beasiswa Pendidikan Gratis

Siapa yang tak ingin mendapatkan beasiswa pendidikan gratis? Meski informasi beasiswa berseliweran di mana-mana, namun tidak semua orang bisa mengaksesnya. Baik mereka yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, sering kali buta informasi akan hal ini. Salah satu kelemahan informasi beasiswa pendidikan yang banyak beredar tersebut adalah akses informasinya yang terbatas atau memang dibatasi oleh pihak-pihak tertentu. Alahasil yang mengajukan jumlahnya sedikit dan sering tidak tepat sasaran. Lemahnya system birokrasi sering membuat para pencari beasiswa tersandung soal persyaratan, atau yang paling sering terjadi seringnya beasiswa diambil mereka yang tidak seharusnya mendapatkan beasiswa pendidikan gratis tersebut.

tips-mendapatkan-beasiswa-gratis

Namun demikian, untuk beasiswa pendidikan luar negeri gratis yang banyak ditawarkan pihak swasta dan pemerintah, biasanya memang menekankan pada kapasitas dan kelayakan dari pihak yang mengajukan. Tinggal kita saja yang mesti pandai-pandai mencari informasi beasiswa pendidikan luar negeri gratis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan tips mendapatkan informasi beasiswa pendidikan gratis:


1. Bila jenis beasiswa pendidikan gratis yang ingin Anda dapatkan adalah jenis beasiswa pemerintah daerah yang sifatnya terbatas waktu dan informasinya, maka pastikan Anda memiliki relasi yang tau betul dengan informasi detail beasiswa pendidikan tersebut. Bisa dari pihak internal pemda atau teman Anda yang mungkin punya hubungan dekat dengan pemerintah daerah

2. Untuk beasiswa pendidikan luar negeri gratis bisa diperoleh dengan banyak cara, diantaranya melalui internet dan Anda bisa langsung subscribe email pribadi di website beasiswa untuk mendapatkan informasi lengkap setiap saat. Cara selanjutnya bisa juga dengan memantau beasiswa yang sudah pernah diperoleh senior Anda, belajar lah dari senior Anda tersebut dan pastikan Anda memenuhi kualifikasi. Informasi beasiswa luar negeri juga bisa langsung Anda tanya ke pihak universitas atau lembaga pendidikan yang Anda tuju, baik luar negeri maupun dalam negeri. Atau berkoresponden dengan staf pengajar di universitas tertentu.

3. Pastikan semua administrasi yang diminta Anda penuhi dengan lengkap, dan pastikan juga bahwa Anda sudah punya sedikit modal baik secara akademis maupun pengetahuan lainnya terhadap disiplin ilmu atau jurusan yang Anda targetkan. 
4. Cari dan cari terus informasi baik melalui internet, pameran, bertanya pada senior yang sudah pernah mengambil beasiswa yang Anda inginkan dan seterusnya. Jangan patah semangat.

5. Anda juga bisa bergabung di lembaga konsultan pendidikan untuk dalam dan luar negeri. Terutama bagi Anda yang ingin melanjutkan strata pendidikan di atas S1. Jangan sampai salah memilih jurusan. Di sini juga Anda bisa mengetahui kemampuan Anda plus informasi beasiswa pendidikan gratis yang mungkin Anda butuhkan.
Beasiswa pendidikan gratis pada umumnya diberikan kepada mereka yang sudah terdaftar terlebih dahulu di universitas atau lembaga pendidikan tertentu.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top