Pentingnya Ilmu Manajemen dalam Kehidupan

Ilmu Manajemen bukan lah ilmu yang sederhana, sebab banyak orang yang kacau balau kehidupannya karena mereka tak punya prinsip manajemen yang baik. Manajemen ekonomi dalam kehidupan rumah tangga yang salah bahkan bisa menjadi salah satu faktor penyebab perceraian dan keretakan hubungan dalam rumah tangga. Demikian pula soal manajemen waktu. Orang sukses biasanya memiliki pola manajemen waktu yang baik dan dijalankan secara disiplin. Sebaliknya banyak orang yang gagal karena menyepelekan soal manajemen. Manajemen dalam hal apa saja. Intinya soal pengelolaan dan pengaturan yang tidak baik maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup apakah individu, keluarga, masyarakat bahkan hingga tingkat negara.

ilmu-manajemen-dalam-kehidupan

Hal penting dalam Ilmu Manajemen adalah implementasi. Jangan sampai orang yang mendapatkan nilai A secara akademis namun justru ia gagal di ranah implementasi. Ini sama saja dengan sebuah kegagalan. Jadi soal manajemen memang erat kaitannya dengan bagaimana kita membangun kebiasaan hidup. Menciptakan manajemen kehidupan yang baik merupakan bagian penting dari pelaksanaan ilmu manajemen.

Ilmu manajemen banyak dibutuhkan dalam kehidupan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Ilmu manajemen ekonomi dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga, perusahaan hingga sebuah negara yang bercita-cita untuk berhasil dalam mengelola system ekonomi. Kegagalan dalam hal ini akan mengantarkan pada kemiskinan, banyak hutang dan seterusnya. Jangan sepele dengan ilmu manajemen, sebab banyak orang yang terpuruk kehidupannya karena mereka tak punya system pengelolalan atau manajemen yang baik dalam hidupnya.

2. Ilmu manajemen akan melahirkan pribadi yang sukses jika ia berhasil melakukan pengelolaan dalam dirinya. Seorang yang akan sukses itu apabila ia mampu mengelola banyak hal seperti mengelola waktu, tidur, makan, keuangan, bekerja, ibadah dan seterusnya. Semuanya harus dilakukan secara terkelola sehingga akan menghasilkan system manajemen yang baik. Lihatlah orang-orang sukses, rata-rata mereka memiliki jadwal harian yang tertulis di kertas dan itu mereka laksanakan secara disiplin dan terus menerus.

3. Sebuah perusahaan bisnis apabila tidak dikelola dengan system manajemen yang baik maka bersiaplah usianya tidak akan panjang. Manajemen memang erat kaitannya dengan ilmu bisnis. Manajemen dalam perusahaan menyangkut banyak hal seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen harga, manajemen produksi dan sebagainya. Semuanya membutuhkan system pengelolaan yang professional. Jangan sepelekan hal ini jika Anda punya niat memiliki sebuah usaha bisnis yang akan bertahan lama usianya.

4. Sebuah pemerintahan negara membutuhkan system manajemen yang lebih professional lagi. Kegagalan sebuah pemerintahan salah satunya jika ia tidak baik dalam hal manajemen. Bisa itu dalam hal manajemen ekonomi, kebijakan maupun sikap politik yang ditunjukkan.
Jangan anggap sepele Ilmu Manajemen, karena kesuksesan hidup Anda berawal dari system manajemen yang baik dan professional.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2015 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top