Ini Dia Cara Mudah Mempelajari Ilmu Kimia

Ilmu kimia bagi sebagian orang memang seperti penyebab alergi yang susah untuk dihilangkan. Mendengar kalimatnya saja orang sudah malas. Ini yang biasa dirasakan oleh para siswa dan pelajar yang tidak menyukai salah satu cabang dari disiplin ilmu sains tersebut. Kimia itu kehidupan, jadi jika kita memahami kehidupan ini, maka kita juga bisa memahami ilmu kimia. Sayangnya para pelajar sering mengalami rasa stress dan trauma dengan staff pengajar selama di bangku pendidikan sehingga mereka akhirnya jangankan untuk menyukai, mendengar nama ilmu ini saja sudah merasa jenuh dan bosan. Aneka reaksi dalam ilmu kimia menjadi salah satu unsur yang paling banyak tidak disukai oleh para siswa atau pelajar.

cara-mudah-mempelajari-kimia

Bagaimana agar belajar ilmu kimia menjadi enjoy  atau menyenangkan? Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk hal tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Belajar kimia itu asyik jika Anda memahami analogi-analogi ilmu kimia itu sebenarnya sama dengan kehidupan-kehidupan social masyarakat. Kita mengenal istiliah katalisator, indicator dan sebagainya dalam ilmu kimia, pemahamannya bisa kita analogikan dengan kehidupan social kita. Yang dimaksud katalisator adalah zat yang bisa mengkatalis atau mempercepat terjadinya reaksi pada suatu senyawa. Nah, kalau ini kita pahami dalam implementasi kehidupan masyarakat, kita bisa membandingkan katalisator itu dengan uang misanya. Kenapa uang? Ya, banyak hal dalam kehidupan masyarakat ini akan menjadi lebih cepat prosesnya jika diberi uang. Jadi pemahamannya seperti itu, apa saja yang bisa mempercepat terjadinya proses itulah katalisator.

2. Belajar ilmu kimia akan membuat Anda dekat dengan ruangan laboratorium. Bagi sebagian orang memang bekerja di laboratorium menjadi hal yang menarik bagi mereka, tapi tak sedikit orang yang merasa jenuh bekerja di dalam sebuah ruangan dengan berbagai resiko, seperti kesehatan dan keselamatan jiwa dalam bekerja. Ada hal sederhana yang bisa Anda pahami untuk membantu Anda bisa lebih mencintai laboratorium. Anggaplah ruangan ini sebagai dapur masak Anda. Bedanya, kalau di labor ilmu kimia, Anda tak bisa ngacak dan sembarangan dengan ukuran maupun jenis zat yang akan Anda campurkan dalam sebuah reaksi, dan hasilnya pun hanya bisa dilihat, bukan untuk dicicipi. Jika Anda seorang juru masak yang handal di dapur, maka Anda akan lebih mudah mencintai sebuah laboratorium ilmu kimia.

3. Belajar jangan takut diintimidasi oleh pihak pengajar atau nilai yang akan diperoleh. Tapi belajarlah untuk sebuah pemahaman. Jangan takut berada dalam masa studi yang lama namun kita bisa lebih memahami apa yang kita pelajari. Tau itu mudah, paham itu yang sulit karena ia akan melekat lama di kepala.
Menarik bukan cara memahami ilmu kimia dengan begini? Coba lah dan implementasikan bila Anda masih mempelajari ilmu tersebut.
advertisement

Bagikan ke

0 Response

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top