PENGERTIAN CLOUD COMPUTING

Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web. Sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu satu system komputasi jadi benar-benar besar lewat cara memadukan sebagian sumber daya computer jadi satu resource.

Cloud computing merupakan evolusi alami dari luas adopsi virtualisasi, arsitektur berorientasi layanan dan komputasi utilitas. Cloud computing melukiskan suplemen baru, konsumsi, serta jenis pengiriman untuk service berbasis IT di Internet, serta umumnya melibatkan over-the internet penyediaan sumber daya dengan cara dinamis scalable serta kerap virtualisasi. Penyedia cloud computing memberikan aplikasi bisnis yang umum online yang diakses dari yang lain layanan Web atau perangkat lunak seperti browser Web, sedangkan perangkat lunak dan data disimpan di server.

Sehingga tidak salah jika ada orang yang mengatakan cloud computing adalah grid computing yang digabungkan dengan virtualisasi.


Perkembangan Cloud Computing

Cloud computing telah berkembang sejak tahun enam puluhan berdampingan dengan perkembangan internet dan web. Internet lebih cepat berkembang karena perkembangan bandwidth yang semakin besar. Perkembangan internet inilah yang menjadi pendorong berkembangnya teknologi cloud computing.

cloud-computing

Pada th. 1999, Salesforce. com jadi pencetus pertama aplikasi perusahaan yang digerakkan lewat internet. Setelah itu diikuti oleh Amazon Situs Services di th. 2006 yang memakai tehnologi Elastic Compute Cloud (EC2). Technologi EC2 mengakibatkan ada website service situs yang dikomersialkan, hingga sangat mungkin perusahaan kecil/individu untuk menyewa computer atau server supaya bisa menggerakkan aplikasi computer mereka.

Di tahun 2009, Google memulai menawarkan aplikasi berbasis browser melalui Google Appsnya, yang salah satunya adalah Google Docs yang sering kita gunakan. Sampai saat ini, cloud computing masih terus berkembang dengan pesat mengingat manfaatnya yang begitu besar jika teknologi ini digunakan.

Menurut Jamie Turner, perkembangan cloud computing ini dipengaruhi oleh matangnya teknologi visual, perkembangan bandwidth berkecepatan tinggi, dan software yang bersifat universal.
advertisement

Bagikan ke

1 Responses to "PENGERTIAN CLOUD COMPUTING"

Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda !

No Spam and No Live Link !!!

© 2013 - 2017 Gubug Informasi - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Back to Top